Keuntungan dan kelebihan jualan online di 2018

5 Kelebihan Utama Jualan Online

Di era digital seperti sekarang ini, mencari penghasilan tambahan bisa dilakukan tanpa harus keluar rumah. Hanya bermodalkan gadget dan internet, kita bisa melakukan banyak hal produktif yang menghasilkan uang.

Salah satu cara untuk mencari penghasilan tambahan melalui internet adalah dengan berjualan secara online. Selain minim modal, jualan online juga memiliki resiko yang kecil dibandingkan membuka toko secara konvensional.

Dengan banyaknya pembeli yang lebih memilih untuk membeli barang melalui internet, jualan online memiliki potensi keuntungan yang sangat besar. Berdasarkan data dari statista, total belanja online yang dilakukan masyarakat Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Indonesia sendiri memiliki jumlah transaksi online terbesar di Asia Tenggara mengalahkan Thailand yang hanya mempu mencatatkan setengahnya saja.

Jadi untuk kamu yag masih ragu untuk mulai berjualan online, simak dulu keuntungan jualan online berikut ini.

5 Keuntungan Jualan Online

1. Tidak butuh modal besar

Tidak seperti usaha konvesional yang membutuhkan banyak modal, jualan online bisa dilakukan dengan modal yang sangat minim. Jika biasanya kamu harus memikirkan uang untuk sewa toko, stok barang, atau gaji karyawan, dengan bisnis online kita hanya perlu modal minimal sebuah smartphone dan koneksi internet yang mumpuni.

Platform yang bisa kamu pilih untuk berjualan pun beragam, mulai dari akun sosmed seperti Facebook atau Instagram, situs jualan online seperti Shopee atau Lazada, hingga bikin blog sendiri. Dan enaknya semua bisa dibuat dengan GRATIS!!!

Untuk barang sendiri sekarang sudah ada sistem dropship. Dengan sistem ini kita tidak perlu keluar modal untuk memproduksi atau mengirim barang. Yang perlu kita lakukan hanya menerima pesanan dan meminta supplier dropship untuk mengirimkannya ke tempat pelanggan. Enak kan tinggal duduk manis cari pesanan tanpa repot harus ngurusin barangnya?

2. Jangkauan luas

Membuka toko online memungkinkan produk kita dilihat oleh lebih banyak orang. Tidak hanya dari daerah asal kita, pesanan bisa juga datang dari luar pulau atau mungkin luar negeri.

Untuk kamu yang jualan di online marketplace seperti Bukalapak atau Tokopedia, peluang untuk mendapatkan pesanan juga semakin besar dengan begitu banyaknya pengunjung situs-situs belanja online tersebut.

Sekarang coba bandingkan hal ini dengan sistem usaha offline konvensional yang mungkin hanya akan dikenal oleh pembeli yang ada di sekitaran toko tersebut saja.

3. Waktu kerja yang flexible

Meski memiliki waktu kerja yang relatif sama dengan toko konvensional lainnya, waktu berjualan relatif lebih flexibel. Tidak seperti jualan di toko di mana kita harus selalu stand by, menjaga toko online bisa dilakukan di mana saja. Jadi tidak perlu sampai harus tutup toko kalau kamu cuma ingin bepergian sebentar.

Jadwal jualan online yang flexible juga cocok untuk kamu yang hanya ingin mencari penghasilan tambahan. Sebagai contoh karyawan dan mahasiswa bisa mulai berjualan setelah kuliah atau jam kerja mereka selesai.

4. Transaksi lebih aman

Salah satu kekurangan sistem belanja online adalah maraknya penipuan. Tidak hanya konsumen saja yang bisa dirugikan, penjual juga bisa merugi dengan adanya hal tersebut.

Bila kita menjual barang di online marketplace, kita akan mendapatkan jaminan pembayaran dengan adanya sistem escrow. Sistem rekening bersama ini memastikan pembeli mendapatkan barang yang sesuai pesanan dan juga memastikan penjual mendapatkan haknya. Selama kita tetap berhati-hati, nggak ada lagi deh cerita ketipu sama pembeli nakal.

5. Tidak repot

Yang namanya bisnis sih pasti repot yah, tidak terkecuali bisnis online. Tapi tidak seperti cara berjualan konvensional, kita tidak perlu repot dengan banyak hal seperti harus buka toko, merapihkan barang dagangan, hingga menyediakan katalog jualan, hingga merenovasi toko.

Cukup login ke akun sosmed atau mengakses lapak online, kamu sudah bisa langsung berjualan dan mencari pelanggan.

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas