6 Keuntungan Jika Kamu Kuliah Sambil Bekerja

Kuliah adalah masa yang tepat untuk mempersiapkan diri sebelum masuk ke jenjang karir. Beberapa mahasiswa mempersiapkan diri dengan belajar serius agar punya nilai yang bagus. Ada juga yang mengambil kursus tambahan untuk menambah daftar skill yang mereka punya. Sementara yang lain sibuk berorganisasi dan melatih diri mereka untuk bisa bekerja sama dalam sebuah kelompok.

Semua hal tersebut adalah hal yang positif dibanding mengisi waktu luang sebagai mahasiswa dengan banyak kegiatan yang kurang bermanfaat.

Salah satu cara lain untuk mempersiapkan diri sebelum masuk ke jenjang karir adalah dengan bekerja paruh waktu. Selain menambah pengalaman, bekerja juga bisa membuat mahasiswa lebih mandiri secara finansial. Namun tidak hanya itu, ternyata ada banyak manfaat lain bekerja sambil kuliah lho!

1. Melatih tanggung jawab

Bekerja membutuhkan dedikasi, tidak seperti kuliah di mana kita masih bisa malas-malasan tanpa ada konsekuensi yang serius. Bekerja di lingkungan yang lebih profesional akan memaksa kita untuk mengikuti pola kerja yang membuat kita lebih bertanggung jawab.

2. Menambah relasi

Salah satu kunci sukses dalam berkarir adalah networking. Semakin banyak orang yang kita kenal, semakin besar juga peluang kita untuk mendapatkan pekerjaan nantinya.

Bila kita hanya berdiam diri di kampus saja, maka ruang lingkup perkenalan kita menjadi sangat terbatas. Orang yang kita kenal mungkin hanya dosen dan teman kampus yang orangnya itu-itu saja. Dengan bekerja, kita berkesempatan untuk mengenal lebih banyak orang dengan latar belakang profesional.

3. Lebih menghargai uang

Salah satu manfaat utama bekerja sambil kuliah adalah untuk mendapatkan uang. Dengan memiliki penghasilan sendiri, kita bisa belajar untuk hidup mandiri lebih cepat.

Namun tidak hanya itu, mendapatkan penghasilan sendiri juga bisa membuat kita lebih menghargai arti uang. Karena uang yang didapat harus melalui kerja keras, kita akan berpikir dua kali untuk membuang-buang hasil kerja keras kita untuk hal-hal yang tidak penting.

4. Melatih kemampuan non-teknis

Selain memiliki nilai akademik yang bagus, mahasiswa juga dituntut untuk memiliki sikap dan kemampuan non-teknis yang baik. Hal-hal semacam ini sayangnya tidak bisa didapat di bangku kuliah kecuali kamu rajin ikut dalam kegiatan organisasi kampus.

Dengan bekerja sambil kuliah kita bisa melatih kemampuan non-teknis (soft skill) seperti cara berkomunikasi, manajemen waktu, hingga cara bekerja sama dalam sebuah tim.

5. Kesempatan untuk mempraktikan ilmu dan mendapatkan ilmu baru

Seringkali kita sulit untuk mencerna sebuah mata kuliah karena kita belum tahu aplikasinya di dunia nyata. Praktikum adalah salah satu mata kuliah di mana kita bisa mengimplementasikan ilmu yang kita pelajari dalam sebuah tindakan.

Sayangnya praktik di kampus mungkin akan berbeda jauh dengan praktik di lapangan. Bekerja sambil kuliah ada bisa menjadi jembatan bagi kita untuk melihat dengan jelas kegunaan ilmu yang kita pelajari. Hal ini juga berlaku sebaliknya di mana kita bisa lebih mengerti pelajaran di kampus karena kita sudah lebih dulu mempraktikannya..

6. Ajang caper

Last but not least, bekerja sambil kuliah bisa menjadi ajang caper (cari perhatian) kepada calon bos. Bila kita menunjukan performa yang baik dan memberi value kepada perusahaan selama bekerja, bukan tidak mungkin kamu akan langsung diterima bekerja di perusahaan tersebut setelah lulus kuliah nanti.

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas