Cara memberishkan mobil dengan bahan-bahan rumahan

7 Bahan Rumahan yang Bisa Dipakai untuk Membersihkan Mobil

Mobil adalah salah satu aset yang berharga mahal, karena itulah para pemilik kendaraan roda empat ini harus tahu bagaimana cara merawatnya dengan baik. Selain rutin memeriksa mobil ke bengkel, kebersihan kendaraan tersebut juga harus selalu diperhatikan.

Tidak hanya membuat mobil nyaman saat dikendarai, mobil yang rutin dibersihkan juga akan lebih terjaga dari noda membandel. Kebayang kan sulitnya menghilangkan noda yang sudah melekat erat di bodi atau interior mobil?

Selain dibawa ke salon khusus mobil, kendaraan ini juga bisa lho dibersihkan sendiri di rumah dengan bahan-bahan alami yang bisa kamu temui di rumah!

7 Bahan Rumahan yang Bisa Dipakai untuk Membersihkan Mobil

Dari mulai minuman bersoda hingga pasta gigi, inilah cara membersihkan eksterior dan interior mobil dengan 8 bahan yang bisa kamu dapatkan di rumah.

1. Conditioner Rambut

Kehabisan shampoo khusus mobil? Ganti saja dengan conditioner rambut. Produk yang dipakai untuk merawat rambut ini ternyata bisa digunakan untuk membersihkan mobil juga lho! Dibanding menggunakan sabun cuci biasa, conditioner adalah bahan alternatif terbaik untuk mencuci mobil bila kamu tidak memiliki cairan khusus pembersih mobil di rumah. Untuk hasil yang lebih maksimal, pilih conditioner yang memiliki kandungan lanolin di dalamnya.

Selain dipakai untuk eksterior mobil, conditioner juga bisa dipakai untuk memberishkan interior mobil seperti dashboard. Selain membuatnya tampak lebih bersih, conditioner bisa menjadi pencegah retak dan kusamnya permukaan dasbor mobil.

2. Baking Soda

Selain untuk membuat kue, baking soda memang dikenal bisa membersihkan berbagai macam hal, termasuk noda di mobil.

Baking soda bisa digunakan untuk membersihkan mobil

Untuk melakukannya, pertama kita akan membuat cairan konsentratnya terlebih dahulu. Tuang ¼ cangkir baking soda ke dalam botol berukuran sedang lalu tambahkan ¼ cangkir cairan pencuci piring. Tutup botol dengan rapat dan kocok hingga kedua bahan tersebut tercampur. Bahan yang sudah dicampur bisa langsung digunakan atau disimpan untuk digunakan nanti.

Ketika akan mencuci mobil, tuang 1 cangkir cairan ke dalam ember berisi air bersih lalu tambahkan sedikit ar hangat. Setelah diaduk merata, cairan siap digunakan untuk memberishkan mobil.

3. Minuman Berkarbonasi (Soda)

Sama seperti baking soda, minuman berkarbonasi seperti soda adalah bahan makanan yang bisa digunakan sebagai pembersih. Tapi bukan untuk membersihkan bodi mobil, soda lebih bagus digunakan sebagai pembersih kaca mobil.

Sebelum membersihkan kaca mobil dengan soda, lindungi dulu kap mobil dengan lap atau handuk untuk melindungi cat pada kap mobil. Kandungan dalam gelembung soda tersebut akan mengikis kotoran membandel seperti jamur yang muncul setelah mobil kehujanan. Dengan menggunakan soda, kaca mobil kamu akan jernih seketika.

Tidak hanya untuk kaca, soda bisa dipakai untuk mengikis karat di kepala aki juga lho!

4. Pasta Gigi

Selain memakai soda, kaca mobil juga bisa menjadi kinclong bila kita membersihkannya dengan pasta gigi. Formula pembersih dan pemutih yang ada pasta gigi juga bisa lho digunakan untuk memberishkan noda pada headlamp. Untuk menggunakannya, cukup basahi kaca lalu gosok dengan pasta gigi hingga merata. Setelah itu bilas dan lihat hasilnya!

5. Minyak Sayur

Karat adalah salah satu masalah serius bagi pemilik kendaraan, apalagi ketika musim hujan tiba. Untuk mencegah karat, kita bisa langsung mengelap bersih air yang menempel di mobil. Cara lain yang bisa kita gunakan adalah dengan mengoleskan minyak sayur di bagian mobil yang rentan terkena karat.

Gunakan minyak sayur untuk mencegah karat di mobil

6. Tissue Bayi

Bila kamu memiliki anak kecil, jangan lupa untuk selalu menyediakan tissue bayi untuk menjaga agar interior mobil selalu dalam keadaan bersih. Selain membersihkan noda, tissue basah bayi juga memiliki bahan anti septic yang mampu menghilangkan kuman. Selain itu tissue bayi juga bisa memberi keharuman ketika kita membersihkan noda berbau seperti tumpahan makanan atau muntahan si kecil.

Selain untuk interior, tissue basah bayi juga bisa dipakai untuk mengelap kaca mobil agar tampak jernih. Namun siram dulu kaca jendela dengan air sebelum mengelapnya dengan tissue bayi.

7. Alkohol

Saat air wiper atau washer fluid yang berfungsi untuk menyapu kaca depan kamu habis, kamu bisa lho membuat sendiri cairan tersebut dengan memanfaatkan alkohol jenis apa saja. Untuk melakukannya, kamu hanya perlu mencampur 3 cangkir alkohol dengan 4 gelas air dan 2 sendok teh sabun cuci piring dalam sebuah botol lalu. Kocok bahan – bahan tersebut hingga merata lalu tuang ke dalam tabung washer fluid. Mudah kan?

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas