Bukan Setelah Bangun Tidur! Ini Saat yang Tepat Untuk Minum Kopi

Kopi adalah salah satu minuman yang sangat digemari penduduk dunia, termasuk di Indonesia. Bagi pecinta kopi, kopi menjadi salah satu menu wajib sesaat setelah bangun tidur.

Namun siapa sangka waktu terbaik untuk meminum kopi dan mendapatkan manfaatnya secara optimal justru bukan setelah bangun tidur lho!

Seperti dilansir oleh Metro, Pakar kesehatan Dr. Sarah Brewer berkata bahwa waktu ideal untuk meminum kopi berkisar antara 2-3 jam setelah kita bangun tidur. 

Pakar diet terkemuka, Laura Cipullo, juga menyatakan hal yang sama. Dalam wawancaranya dengan CNBC, ia mengatakan bahwa waktu terbaik untuk minum kopi adalah ketika tubuh memproduksi cortisol dalam jumlah rendah, kira-kira 3-4 jam setelah kita bangun tidur. Jadi bila kita bangun jam 5 pagi, maka waktu yang tepat untuk minum kopi adalah jam 8 atau jam 9 pagi.

Menurut Cipullo, tubuh kita memproduksi banyak kortisol ketika kita bangun tidur. Kortisol sendiri adalah hormon yang erat kaitannya dengan stress dan berpengaruh pada mood dan tingkat kegelisahan. Bila kita menambahkan kafein, maka kadar kortisol juga akan meningkat.

Meski membuat kita lebih cepat terjaga, kombinasi kafein dan kortisol bisa membuat kita lelah terutama setelah keduanya ‘habis’. Karena itulah Cipullo menyarankan untuk meminum kopi beberapa jam setelah bangun ketika level kortisol berada dalam tingkat yang rendah. Di waktu inilah kopi dapat lebih terasa manfaatnya.

Namun bila kita sering mengkonsumsi kopi di pagi hari, tentu akan sulit merubah kebiasaan tersebut. Cara terbaik untuk berhenti dari kebiasaan ini adalah dengan tidur yang nyenyak di malam harinya. Dengan begitu kamu mengurangi ketergantungan terhadap stimulan untuk membuat kamu lebih cepat bangun.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tidur dalam jumlah cukup adalah dengan menghindari asupan kafein beberapa jam sebelum tidur. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa efek dari kafein dapat bertahan hingga 6 jam setelah dikonsumsi. Jadi coba latih untuk berhenti minum kopi setelah lewat jam 3 sore.

Namun bila kamu membutuhkan tambahan kafein di sore atau malam hari, cobalah mengganti kopi dengan teh hitam atau teh hijau. Teh hitam memiliki setengah kadar kafein kopi sementara teh hijau berkisar di sepertiganya.