Cara merawat cat bodi mobil agar tetap mengkilap dan awet

Cara Merawat Bodi Mobil agar Tetap Awet dan Mengkilap

Salah satu hal yang sering disepelekan oleh pemilik kendaraan adalah perawatan kendaaraan itu sendiri. Kendaraan, terutama mobil, padahal memiliki harga yang tidak murah.

Perawatan kendaraan sendiri tidak melulu soal merawat mesin dan memperhatikan hal teknis lain agar mesin berjalan optimal. Bagian luar kendaraan termasuk bodi juga tidak boleh ketinggalan. Selain enak dipandang dan membuat kendaraan nyaman saat digunakan, bodi kendaraan yang dirawat dengan baik tentu akan membuat harganya tidak turun terlalu jauh saat kamu menjualnya.

Lalu apa saja sih yang bisa kita lakukan untuk merawat bodi mobil agar warnanya tetap mengkilap meski lama terpakai? Simak tips-tips merawat bodi mobil berikut ini yuk!

6 Tips merawat cat mobil agar tetap awet

1. Jaga mobil dari cuaca ekstrim

Bagian luar mobil adalah bagian yang paling sensitif terkena dampak cuaca yang cukup ekstrim. Cat mobil yang sering terkena panas dan hujan akan membuat warnanya memudar, dan pada beberapa kasus yang ekstrim malah bisa membuatnya mengelupas.

Untuk menghindari hal semacam ini, ada beberapa tips mudah buat kamu. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah meletakkan mobil di tempat yang tidak terlalu panas. Hindari memarkir mobil terlalu lama di area terbuka yang terkena sinar matahari langsung. Jika tidak ada opsi parkir di dalam bangunan, carilah tempat parkir yang teduh di bawah pepohonan atau di tempat yang terhalang bayangan gedung. Jika opsi-opsi ini tidak tersedia, kamu bisa memakai cover mobil yang bagus.

Begitu pula saat hujan turun, pastikan mobil tidak terlalu lama terkena air hujan. Setelah mobil selesai digunakan, lakukan sedikit perawatan sesampainya di rumah. Segera basuh mobil dengan air bersih untuk membersihkan mobil dari air hujan dan debu-debu yang menempel saat hujan.

Di malam hari, kamu juga harus mewaspadai embun di bodi mobil di pagi hari, terutama jika kamu memarkir mobil di luar ruangan. Sama seperti air hujan, embun bisa membuat mobil lebih cepat berkarat. Solusi cara merawat cat mobil terbaik adalah memarkir mobil di dalam garasi atau menutupnya dengan cover mobil yang berkualitas.

2. Cuci mobil secara teratur

Mobil yang sering digunakan berpergian di jalanan tidak hanya akan membuat debu menempel, tetapi juga bahan kimia yang tak kasat mata. Beberapa bahan kimia memiliki efek buruk pada cat bodi mobil dan membuatnya nampak kusam dan mempengaruhi daya tahannya.

Agar mobil terbebas dari debu jalanan dan bahan kimia, usahakan untuk mencuci mobil secara teratur setidaknya dua kali seminggu. Jika mobil sering melalui area yang kotor, tidak ada salahnya untuk mencucinya setiap hari agar debu tidak menumpuk di bodi mobil.

Jika kamu mencucinya sendiri di rumah, pastikan kamu juga mengikuti langkah-langkah di bawah ini yah!

3. Jangan gunakan deterjen untuk mencuci

Meski sama-sama bisa digunakan untuk membersihkan, jangan sekali-kali menggunakan sabun cuci dengan deterjen saat mencuci mobil. Untuk merawat agar cat bodi mobil tetap terlihat bagus adalah dengan mencucinya dengan sampo khusus mobil yang tersedia banyak di pasaran.

Bila kamu tidak menemukan sampo khusus mobil, sebagai alternatif kamu bisa memakai conditioner rambut atau sampo biasa yang tidak mengandung deterjen.

Gunakan sabun cuci tanpa deterjen untuk membersihkan bodi mobil

4. Keringkan bodi mobil setelah selesai dicuci

Salah satu yang harus kamu perhatikan ketika selesai mencuci mobil adalah langsung mengeringkannya. Jangan biarkan air mengering sendirinya di bodi mobil karena hal ini akan menimbulkan bekas air di mobil yang malah akan membuat bodi mobil tampak kusam. Bila sudah begini maka kamu harus mencucinya sekali lagi agar noda tersebut hilang. Karena itulah, usahakan untuk tidak mencuci mobil di area terbuka di siang hari.

Ketika mengeringkan mobil, perhatikan juga bahan yang kamu gunakan sebagai lap pengering. Di pasaran sendiri sudah ada beberapa kain khusus untuk lap mobil seperti chamois atau kanebo. Jika kamu tidak memilikinya, gunakan kain lain bertekstur lembut dan pastikan kain tersebut dalam keadaan bersih. Kain yang dalam kondisi kotor bisa saja meninggalkan bekas noda atau malah menggores cat bodi mobil.

5. Lakukan perbaikan bila ada goresan

Dengan ukuran bodi yang cukup besar, sulit untuk membuat cat mobil tetap mulus saat dikendarai. Senggolan dengan benda tajam, tembok, atau kendaraan lain bisa saja meninggalkan bekas goresan pada bodi mobil.

Meski nampak tidak seberapa, goresan pada mobil bisa cukup berbahaya bila tidak segera ditangani. Selain lebih rentan terhadap karat, goresan ini bisa saja merembet ke bagian lainnya. Karena itulah segera lakukan perbaikan agar biayanya tidak semakin besar.

Atasi goresan pada bodi mobil segera agar tidak merembet ke area lainnya.

6. Gunakan obat poles dan wax agar cat mengkilap

Sebagai langkah tambahan, kamu bisa menambahkan obat poles atau melakukan waxing agar bodi mobil tampak semakin mengkilap. Tidak hanya nampak bersih, mobil yang mengkilap akan tampil mewah. Selain itu, langkah tambahan ini juga baik untuk mengangkat noda-noda halus yang masih menempel serta mencegah pertumbuhan jamur pada cat mobil.

Untuk melakukannya, kita memerlukan bahan pengilap mobil dan kain katun halus atau microfiber. Cukup oleskan bahan pengilap mobil secara merata ke seluruh bodi mobil dengan gerakan memutar. Lakukan secara bertahap dari satu bagian ke bagian yang lainnya.

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas