9 Fakta Menarik Khabib Nurmagomedov, si Penakluk Conor McGregor

Nama Khabib Nurmagomedov menjadi perbincangan publik setelah berhasil mengalahkan Connor McGregor pada pertandingan UFC 229 di T-Mobile Arena, Las Vegas, Sabtu (06/10/2018) waktu setempat.

Ia berhasil memenangkan pertarungan setelah McGregor tidak mampu menahan kuncian leher Khabib dan melakukan tap out (sinyal menyerah) di ronde ke-4.

Tidak hanya mengalahkan McGregor, Khabib Nurmagomedov juga membuat kehebohan setelah menyerang kubu lawannya karena menilai mereka telah menyingung agama, negara dan ayahnya.

Bagi kamu yang penasaran tentang sosok satu ini, berikut fakta unik dan menarik dari Khabib Nurmagomedov yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber.

1. Belum Pernah Terkalahkan

Sebelum berhasil mempertahankan gelar juara UFC, Khabib Nurmagomedov sudah bertarung 26 kali tanpa pernah kalah. Kemenangan atas McGregor membuat rekor tersebut semakin tajam menjadi 27 kali tak terkalahkan.

Dari 26 laga sebelumnya, Khabib mencatatkan kemenangan KO atau TKO sebanyak 8 kali. Terakhir kali petarung asal Rusia ini menang TKO terjadi saat ia melawan Darrell Horcher pada April lalu.

Kemenangan atas McGregor sendiri membuatnya mencatat rekor apik belum pernah kalah sepanjang karir profesionalnya di UFC. Ia pun memegang rekor tak terkalahkan secara beruntun terpanjang saat ini.

2. Akrab dengan Bela Diri

Khabib lahir di desa Sildi, Dagestan, sebuah daerah otonomi di Rusia. Sama seperti anak lain dari daerah Dagestan, Khabib mulai bergulat dari usia yang cukup muda. Sejak usia 8 tahun, ia dilatih oleh ayahnya, Abdulmanap Nurmagomedov, yang juga mahir dalam judo dan sambo.

Bakat bela diri mengalir cukup deras di keluarga Khabib. Selain ayahnya, saudara ayahnya adalah juara dunia sambo tahun 1992. Paman dari pihak ibunya juga merupakan pegulat ternama di negara asalnya.

Selain latihan yang tekun dan bimbingan langsung dari ayahnya, bakat bertarung Khabib juga terasah karena di masa mudahnya ia seringkali terlibat perkelahian jalanan sebelum memutuskan untuk fokus dalam mixed martial arts.

3. Berlatih Gulat dengan beruang Saat Kecil

Di media sosial sempat ramai beredar sebuah video berisi sesosok anak kecil yang sedang bergulat dengan seekor beruang muda. Siapa sangka sosok anak kecil tersebut adalah Khabib cilik yang sedang direkam oleh ayahnya sendiri.

Tiga hari setelah hari ulang tahunnya yang ke-9 di tahun 1997, Khabib dibawa oleh ke luar oleh ayahnya, Abdulmanap Nurmagomedov, menuju ke arah anak beruang yang sedang dirantai.

Abdulmanap lalu menyalakan kamera genggam, mengarahkan ke anak keduanya itu dan memerintahkannya untuk bergulat dengan binatang itu.

“Seorang anak selalu ingin ayahnya melihat apa yang bisa dilakukan putranya,” ujar Abdulmanap.

“Sangat disayangkan bahwa tidak ada yang lebih menarik ketika dia lebih muda. Pada akhirnya, ini adalah ujian karakter lebih dari latihan.”

4. Atlet Sarat Prestasi

Tidak hanya garang di ajang UFC, Khabib juga memiliki banyak prestasi di bidang olahraga, khususnya bela diri.

Beberapa kejuaraan yang pernah ia menangi antara lain Medali Emas di Kejuaraan Sambo Rusia tahun 2009, serta Medali Emas Kejuaraan Sambo Dunia tahun 2009 & 2010.

5. Populer dan Memiliki Banyak Fans

Di luar ajang UFC, mungkin tidak banyak yang mengenal nama Khabib Nurmagomedov. Meski begitu, tingkat popularitas Khabib di negaranya tidak perlu diragukan lagi. Ke mana pun ia bertanding, ada jutaaan pasang mata di Rusia yang selalu setia menantinya.

Bahkan bila kita bandingkan jumlah followers Instagram-nya, sangat mengejutkan melihat Khabib berada di peringkat atas melampaui atlet lain dari Rusia seperti pesepakbola Igor Akinfeev atau petenis Maria Sharapova. Meski begitu ia masih kalah telak dibanding pesaing yang baru dikalahkannya, Conor McGregor.

6. Fans Berat Real Madrid

Menekuni mixed martial arts, Khabib juga sangat menggemari sepakbola. Besar di kota Makhachkala, Khabib adalah fans klub sepakbola asal kota tersebut, Anzhi Makhachkala, serta timnas Rusia. Untuk klub luar negeri, pilihannya jatuh pada klub Real Madrid asal Spanyol.

Dalam beberapa kesempatan, Khabib seringkali menunjukan dukungannya pada Real Madrid melalui akun sosial medianya. Ia bahkan beberapa kali menyaksikan langsung pertandingan mereka, termasuk ke Ukraina saat klub kesayangannya tersebut berlaga melawan Liverpool di partai Final Liga Champions 2018.

Yang menarik, Khabib juga pernah bertemu langsung dengan mantan striker andalan Real Madrid, Cristiano Ronaldo, dan saling bertukar hadiah.

7. Anak Mantan Militer Uni Soviet

Abdulmanap Nurmagomedov, ayah dari Khabib ternyata seorang veteran militer Uni Soviet. Sempat mendapat pelatihan judo dan sambo selama di militer, Abdulmanap adalah guru bela diri pertama Khabib.

Saat ini Abdulmanap berprofesi sebagai pelatih senior bagi tim nasional sambo di Dagestan serta melatih beberapa atlit sambo dan gulat di Makhachkala, Russia.

8. Sempat Cedera Panjang dan Nyaris Mundur dari UFC

Dedikasi dan kecintaan Khabib terhadap olahraga mixed martial arts tidak perlu diragukan lagi melihat determinasinya di dalam maupun di luar lapangan. Beberapa orang mungkin tidak menyadari kalau Khabib sempat absen selama dua tahun antara April 2014 hingga April 2016.

Absennya Khabib ini disebabkan oleh cedera serius yang didapatnya saat latihan. Beberapa kali ia sempat ingin melakukan comeback namun cedera kambuhan tersebut selalu menghambatnya. 

Menurut beberapa sumber Khabib sempat menyerah dan memutuskan untuk berhenti dari UFC namun motivasi dari ayahnya menjadi alasan kenapa kita masih melihatnya bertanding sampai saat ini.

9. Identik dengan Penutup Kepala Khas

Salah satu ciri khas Khabib Nurmagomedov adalah penutup kepala yang sekilas mirip dengan rambut palsu. Aksesoris ini seringkali digunakan saat sesi timbang badan, sebelum bertanding, atau setelahnya.

Penutup kepala ini ternyata bernama papakha yang secara tradisi sering digunakan oleh kaum lelaki dari daerah Kaukasas yang meliputi negara Rusia, Armenia, Azerbaijan, dan Georgia.