Kelebihan dan manfaat mengikuti lomba blog

7 Alasan Kenapa Kamu Harus Ikut Lomba Blog

Blog competition adalah ajang lomba menulis artikel yang bisa diikuti oleh siapapun yang memiliki blog. Sama seperti lomba pada umumnya, ada hadiah menarik yang bisa didapat dengan menjadi juara blog competition.

Pada umumnya, blog competition diadakan oleh sebuah brand. Lomba bisa mereka adakan sendiri atau bekerja sama dengan website lainnya seperti Kompasiana atau C2live.

Lomba blog memiliki banyak manfaat bagi brand yang mengadakan blog competition. Dengan adanya hadiah yang menggiurkan, lomba blog bisa menarik minat para blogger untuk mengikutinya. Semakin banyak blog yang ikut tentu akan semakin baik untuk meningkatkan brand awareness. Salah satu syarat yang umumnya diberikan adalah posting artikel lomba ke sosmed. Bayangkan jika ada puluhan blog dengan ribuan follower yang mengikutinya, brand tersebut tentu bisa mendapatkan ekspose lebih luas.

Selain itu syarat lain yang bisa menguntungkan pemilik kontes adalah link dofollow. Buat yang belum tahu, secara ringkas link dofollow dapat dijelaskan sebagai link berbobot untuk siapapun yang mendapatkannya. Link dofollow ini sangat penting bila kita bicara mengenai SEO yang bisa membuat sebuah website tampil di halaman terdepan untuk keyword tertentu.

Terus apa manfaatnya untuk blog yang mengikuti blog competition?

Hmm, meskipun kamu tidak menang, mengikuti lomba blog juga punya banyak manfaat lho! Mau tau? Simak terus artikel ini yah!

7 Manfaat Mengikuti Kompetisi Blog

1. Kesempatan Meraih Hadiah Besar

Hadiah yang menarik rasanya menjadi alasan utama kenapa ada begitu banyak blogger yang mengikuti lomba blog.

Harus diakui, lomba blog menawarkan hadiah yang cukup lumayan besar, terutama bagi blogger pemula yang masih mengandalkan pemasukan melalui AdSense atau program afiliasi sebagai salah satu upaya monetizing blog mereka.

Sebagai gambaran, ada cukup banyak blog competition yang menyediakan hadiah hingga jutaan rupiah. Brand besar bahkan tidak ragu untuk menyediakan hadiah hingga puluhan atau bahkan ratusan juta rupiah.

Lomba blog Anugrah Pewarta Astra yang menyediakan hadiah hingga ratusan juta rupiah.

Tidak perlu mengincar hadiah utama, beberapa kontes blog bahkan meawarkan hadiah hiburan atau hadiah partisipasi yang cukup menarik lho!

2. Melatih kemampuan Menulis

Bagi saya mengikuti lomba blog adalah salah satu cara yang lumayan efektif untuk kamu yang ingin belajar menulis. Lagipula, kapan lagi tulisan kamu akan dinilai oleh orang yang profesional dalam hal tulis-menulis?

Dengan mengikuti lomba blog, kita juga akan belajar bersaing dengan content writer lain yang lebih senior dan berpengalaman. Seperti pisau yang sering diasah, kemampuan menulis kamu tentu akan semakin baik jika kamu sering mengikuti lomba. Jadi bila kamu masih belum juga menang meski sudah mengikuti banyak lomba, jangan berkecil hati! anggap saja kamu sedang berlatih untuk meningkatkan kemampuan menulis kamu.

3. Meningkatkan Kualitas Tulisan

Selain mengasah keterampilan menulis, mengikuti lomba blog juga bisa menjadi tempat untuk meningkatkan kualitas tulisan kamu. 

Untuk setiap lomba menulis blog yang kamu ikuti, coba deh perhatikan artikel-artikel yang dibuat oleh semua pesaing kamu, khususnya artikel yang dibuat oleh para pemenang lomba. Dari artikel tersebut kamu bisa belajar apa yang kurang dan apa yang harus ditambahkan pada tulisan kamu agar kamu punya kesempatan yang lebih besar untuk menang.

4. Networking

Mengikuti kontes blog adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa berkenalan dengan bloger lain yang mengikuti kontes yang serupa. Tidak hanya itu, kamu juga bisa berkenalan dengan blogger lain yang lebih senior dan lebih berpengalaman dalam mengikuti lomba blog.

Untuk membangun networking yang baik, rajin-rajinlah berkomentar di blog orang lain, kalau perlu ikuti juga akun sosmednya. Bila kamu mengikuti lomba yang sama, jangan segan untuk berkomentar di artikel lomba milik blog lain. Siapapun akan senang bila tulisannya dikomentari, lagipula jumlah komentar jarang dijadikan poin penilaian kok’.

5. Sebagai Ide Tulisan

Bagi sebagian besar blogger, Ide blog kadang tidak bisa datang terus-menerus. Ide blog bisa muncul tiba-tiba dalam jumlah banyak, namun tidak jarang kamu tidak memiliki ide sama sekali.

Jika kamu sedang tidak ada ide, mengikuti lomba blog bisa menjadi salah satu solusi karena temanya biasanya sudah ditentukan. Yang perlu kita lakukan adalah mengembangkan tulisan berdasarkan tema tersebut.

Meski begitu ada baiknya kamu mengikuti lomba dengan tema yang sesuai dengan niche blog kamu. Jika kamu menguasai tema yang telah disediakan panitia, maka itu akan lebih bagus.

6. Backlink gratis

Salah satu manfaat mengikuti lomba blog yang tidak disadari banyak blogger adalah kesempatan untuk mendapatkan backlink gratis.

Jika kamu menjadi pemenang, maka website dan link artikel kamu biasanya akan dipajang di halaman website si pembuat lomba. Tidak jarang ada beberapa penyedia lomba yang merilis daftar artikel yang mengikuti lomba blog yang mereka adakan dengan menyertakan link aktif. Lumayan kan bisa dapat backlink gratis dari website besar! 

7. Jadi Terkenal

Salah satu efek samping bila kamu sering mengikuti lomba blog, apalagi sampai menang, adalah resiko menjadi terkenal. Beberapa blogger memang ada yang cukup sering menang sehingga menjadi selebritas tersendiri di kalangan blogger.

Jadi kalau kamu belum siap untuk terkenal, lebih baik jangan ikutan lomba menulis blog dulu, hihihi.

Di mana kita bisa mencari info lomba blog?

Bila kamu tertarik, ada beberapa website yang mengumpulkan beragam info mengenai lomba blog. Kita tinggal memilihnya sesuai dengan minat kita.

Namun kita bisa juga mencarinya secara manual dengan mencari hashtag tertentu seperti #lombablog atau #blogcompetition di jejaring sosial seperti Facebook, Instagram, atau Twitter.

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas