Tips menata ruangan sempit dan kecil agar terlihat luas dan lega

10 Tips Agar Ruangan Sempit Terlihat Luas

Memiliki rumah idaman dengan area yang cukup luas adalah idaman setiap orang. Sayangnya harga properti yang semakin meningkat membuat hal ini sulit terealisasi. Bagi sebagian besar orang rumah sempit bukanlah masalah selama bisa memilki rumah sendiri.

Namun jangan khawatir! Rumah berukuran sedang atau bahkan sempit bisa terlihat dan terasa lebih luas. Kuncinya adalah kreatifitas kita dalam mendekorasi ruangan sempit agar terlihat lega.

Simak 10 tips dekorasi ruangan sempit agar nampak dan terasa lebih luas berikut ini:

Tips Menata Ruangan Sempit agar Terlihat Luas dan Lega

1. Buat jendela di sisi dengan area terbuka

Salah satu trik yang ampuh untuk membuat ruangan sempit tampak lebih besar adalah dengan membuatnya terang. Cara yang paling baik untuk melakukannya adalah dengan menambahkan jendela agar cahaya natural dapat masuk ke dalam ruangan.

Bila kamu masih berbatasan dengan area terbuka, ada baiknya kamu membuat jendela. Bila kamu rasa cukup aman, kamu juga bisa membuat jendela besar yang tinggi hingga mencapai plafond.

2. Gunakan warna cat yang cerah

Bila ruangan sempit tersebut tidak memungkinkan untuk dibuatkan jendela, kamu bisa menyiasatinya dengan memakai cat berwarna cerah. Penggunaan warna terang pada tembok dan lantai akan memantulkan cahaya di sekeliling ruangan yang membuatnya tampak lebih lapang dan luas. Kesan luas akan semakin terasa bila ada jendela dengan sumber cahaya yang cukup.

Pemilihan warna yang cerah juga berlaku untuk furnitur. Furnitur dengan warna pastel cerah dan polos tanpa ornamen bisa menghasilkan efek cerah tanpa terlalu mencolok atau menyilaukan mata. Usahakan juga agar warna furniture seragam (tidak berarti satu warna) agar tidak ada warna dominan yang membuat ruangan terlihat lebih nyaman.

3. Cat seragam untuk ruang tak bersekat

Salah satu tren yang sering dilakukan pemilik rumah adalah mengecat setiap ruangan dengan warna yang berbeda-beda. Namun untuk rumah yang tidak bersekat, ada baiknya kita menggunakan warna yang sama. Dengan begitu ruangan akan terlihat menyatu dan terkesan luas dan lega.

4. Furnitur Multifungsi

Seluas apapun ruangan yang kita miliki akan terlihat sempit bila kita meletakan terlalu banyak furnitur. Untuk menyiasatinya, kita bisa mengurangi jumlah perabotan rumah dan hanya memakai seperlunya saja. Namun bila kebutuhan kita banyak, mungkin sudah saatnya melirik furnitur multifungsi.

Sesuai namanya, furniture multifungsi memiliki banyak kegunaan sekaligus. Sebagai contoh meja yang memiliki kabinet. Selain sebagai meja, kita juga bisa memakainya sebagai lemari untuk menyimpan barang.

Selain itu ada juga tempat tidur yang memiliki laci di bawahnya. Furniture seperti ini jelas akan menghemat banyak tempat dan membuat ruang tidur yang sempit menjadi lega.

Furniture multifungsi tempat tidur dan laci yang menghemat tempat dan cocok di ruangan sempit (sumber: Fabelio)

5. Tambahkan cermin untuk memperluas pandangan mata

Salah satu aksesoris yang bisa membuat rumah tampak lega adalah cermin. Trik menata ruangan dengan cermin sering dijumpai di rumah makan yang terletak di lahan yang sempit. Selain memantulkan cahaya dengan baik, cermin juga memantulkan bayangan ruangan yang bisa membuat ruangan terlihat lebih luas dibanding aslinya.

Agar lebih maksimal, kita bisa menggunakan cermin berukuran sedang atau besar. Untuk mempercantiknya kita bisa mengkombinasikan cermin dengan aksesoris dinding lain yang sesuai.

6. Gunakan karpet dengan motif pola berulang

Penggunaan karpet yang tepat bisa juga lho membuat ruangan yang smpit terlihat lebih luas! Sama seperti pada contoh pakaian, bahan dengan pola garis vertikal akan membuat kita tampak lebih tinggi sementara garis horizontal akan membuat seseorang terlihat lebih lebar.

Jika kamu memiliki ruangan yang sempit, gunakan karpet dengan motif pola yang berulang untuk memperlihatkan kesan tidak ada batas. Motif pola berulang yang dipilih sebaiknya berupa garis yang ketebalannya disesuaikan dengan ukuran ruangan.

7. Pilihlah furnitur dengan kaki-kaki yang ramping

Ketika memilih furnitur untuk ruangan sempit, usahan untuk mencari furnitur dengan kaki yang ramping dan tidak menyentuh lantai. Bentuk kaki semacam ini akan membuat area lantai terlihat lebih banyak dan membuat ruangan tampak lebih luas. jadi sangat tidak disarankan yah untuk memakai sofa dengan bahan yang tertutup hingga ke lantai!

Selain itu, usahakan kaki-kaki pada perabot juga terlihat seramping mungkin. Bentuk kaki yang besar dan kaku justru akan membuat perabot tampak berat dan besar dan memenuhi ruangan.

Furniture dengan kaki yang ramping akan membuat ruangan tampak luas dan lega

8. Tempel furnitur di dinding rumah

Untuk menyiasati ruangan yang sempit, kamu bisa mencoba menggantung beberapa furniture agar tidak menyentuh lantai. Area lantai yang lowong akan memberi kesan lebih luas pada ruangan sempit.

Beberapa perabot yang bisa kamu gantung antara lain televisi, speaker, atau barang elektronik lainnya. Selain itu kamu juga bisa menggantung tempat penyimpanan seperti rak atau kabinet kecil.

Ketika melakukan hal ini, usahakan untuk tidak menggantung furniture terlalu tinggi. Selain masalah kenyamanan pemakaian, ruang yang sempit antara ujung furniture dengan plafon malah akan membuat ruangan terlihat sumpek.

9. Hilangkan pintu!

Maksud saya bukan pintu yang mengrah ke luar rumah yah!

Bila kamu memiliki ruangan yang dipisah oleh pintu, kamu bisa memilih untuk mencopot pintu dan menggantinya dengan model ‘kongliong’. Kongliong sendiri adalah pemisah antar ruangan yang berbentuk rongga. Contoh yang paling mudah adalah ketika kita mencopot daun pintu sehingga hanya tersisa kusennya saja.

Agar ruangan terlihat jauh lebih luas, opsi terbaik adalah membongkar dinding dan menggunakan sekat ruangan sebagai pemisah antar ruang.

10. Hias bagian plafon

Hiasan pada plafon berfungsi untuk menarik perhatian mata untuk melihat ke atas dan menciptakan ilusi ruang vertikal yang lebih tinggi. Hal ini bisa membuat rumah kecil kamu terlihat luas. 

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas