Tips Mencuci dan Mengeringkan Pakaian Saat Musim Hujan

Bagi negara tropis seperti Indonesia, musim hujan adalah musim di mana air hujan turun dengan lebatnya. Tidak hanya itu, kadang frekuensinya pun juga cukup sering sehingga hujan bisa turun dalam waktu yang lama dalam beberapa hari berturut-turut.

Salah satu permasalahan yang timbul di musim hujan adalah masalah pakaian kotor. Dengan semakin jarangnya sinar matahari muncul, sulit untuk membuat pakaian yang sudah dicuci menjadi kering sempurna. Kalau sudah begini biasanya pakaian malah menjadi apek dan sangat tidak nyaman dipakai.

Untuk menyiasatinya, kamu mungkin perlu mencoba beberapa tips dan trik untuk mengeringkan pakaian di musm hujan berikut ini.

5 Tips untuk Mengeringkan Pakaian Saat Musim Hujan

1. Gunakan pengering pakaian

Proses mengeringkan pakaian adalah proses untuk menghilangkan kadar air pada pakaian setelah dicuci. Semakin sedikit kadar air pada pakaian ketika dijemur, semakin cepat juga proses pengeringannya.

Bila kita mencuci dengan cara manual, pakaian umumnya dikeringkan dengan diperas terlebih dahulu menggunakan tangan. Namun cara ini tidak terlalu efektif dan hanya mengurangi sedikit jumlah air.

Jika ada mesin cuci di rumah, kita bisa menggunakan alat tersebut untuk mencuci pakaian. Mesin cuci sekarang ini umumnya sudah dilengkapi dengan dryer yang bisa membantu mengeringkan pakaian yang sudah dicuci. Cara ini akan mengurangi kadar air secara maksimal meski tidak pakaian masih akan terasa lembab. Namun untuk mengeringkannya jelas butuh waktu yang lebih cepat kan?

2. Pisahkan pakaian berbahan berat dan ringan di mesin cuci

Sebelum mencuci, kita bisa memilah-milih jenis pakaian yang akan kita cuci terlebih dahulu. Beberapa pakaian dengan bahan serat yang tipis akan lebih cepat dikeringkan dibanding pakaian berbahan serat tebal.

Sebagai langkah tambahan, kita juga membatasi penggunaan baju atau celanan berbahan tebal seperti jeans agar proses pencucian dan pengeringan pakaian lebih mudah dilakukan.

3. Jemur di tempat dengan sirkulasi udara yang baik

Ketika musim hujan tentu akan sulit untuk menjemur baju di tempat terbuka. Kalau sudah begini pilihan satu-satunya adalah menjemur pakaian di dalam rumah.

Bila hal ini terjadi, pilihlah tempat dengan sirkulasi udara yang baik. Dengan begitu udara yang lembab akan cepat tergantikan dengan udara kering dan membuat pakaian lebih cepat kering.

Saat menjemur, pastikan juga agar kita memberi jarak yang cukup antar pakaian agar sirkulasi udara lebih lancar. Jarak antara pakaian yang terlalu rapat akan membuat pakaian yang tertindih atau tertutup pakaian lain menjadi lebih lama kering.

4. Gunakan kipas angin, hair dryer, atau bohlam lampu

Bila kita menjemur di dalam ruangan, proses pengeringan juga bisa dibantu dengan mengunakan peralatan listrik seperti kipas angin. Cukup arahkan kipas angin ke pakaian basah dan putar kipas agar proses pengeringan lebih optimal.

Selain dengan kipas angin, kita juga bisa memanfaatkan panas dari lampu agar pakaian lebih cepat kering. Agar maksimal, lampu yang digunakan harus lampu bohlam bulat berwarna kuning itu yah! Untuk lampu hemat energi berwarna putih atau lampu LED tidak menghasilkan panas sebesar lampu bohlam jadi tidak berpengaruh banyak.

Panas bohlam bisa membantu mengeringkan pakaian di dalam rumah.

Untuk kamu yang butuh hasil yang cepat bisa menggunakan hair dryer. Tidak hanya untuk rambut saja, panas dari hair dryer juga bisa dipakai untuk mengeringkan pakaian dengan baik. Cara kerjanya juga sama seperti mengeringkan rambut. Kita bisa menghembuskan hawa panas dari hair dryer ke area pakaian yang akan dikeringkan.

Namun jangan menggunakannya terlalu lama yah. Daya dari hair dryer umumnya cukup besar, rata-rata antara 300-500 watt, cukup tinggi dibandingkan kipas angin biasa yang rata-rata berkisar antara 50-125 watt. Selain itu penggunaan yang terlalu lama akan membuat hair dryer menjadi terlalu panas dan akan sangat tidak nyaman dipegang.

5. Gunakan pewangi pakaian untuk menghilangkan bau apek

Pakaian yang lembab bisa menyebabkan bau apek. Kalau sudah begini baju tidak akan nyaman digunakan. Nah, pewangi pakaian bisa jadi solusi untuk mencuci baju di musim hujan. Beberapa pewangi pakaian memiliki formula yang bisa membuat baju kamu bebas dari bau apek. 

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas