tips membersihkan rumah untuk orang yang memiliki hewan peliharaan

Tips Menjaga Hunian Tetap Sehat untuk si Penyayang Binatang

Bagi sebagian orang, memiliki hewan peliharaan di rumah bukanlah sebuah masalah. Tidak hanya menemani kamu yang sedang jomblo, hewan peliharaan juga bisa menjadi obat stres yang mujarab, apalagi bila kita melihat tingkah lakunya yang menggemaskan.

Meski begitu, memiliki hewan peliharaan juga bisa membawa permasalahan sendiri di rumah. Hewan yang belum terlatih bisa membuat isi rumah kotor dan berantakan. Belum lagi hewan peliharaaan yang umum seperti anjing atau kucing memilik bulu yang mudah rontok dan mudah menempel di mana-mana.

Jadi bila kamu memiliki hewan peliharaan di rumah, jangan lupa untuk rajin membersihkan rumah agar rumah selalu sehat dan nyaman untuk ditempati. Bila kamu bingung harus memulai dari mana, beberapa tips berikut mungkin bisa membantu kamu.

1. Bersihkan hewan peliharaan secara teratur

Kebersihan rumah yang memelihara hewan dapat dimulai dari membersihkan hewan kesayangan kita. 

Memandikan hewan peliharaan yang berbulu secara rutin bisa mengurangi jumlah rambut rontok yang bisa mengotori ruangan. Selain itu, hewan yang bersih juga membuat kita nyaman jika hewan bermain-main di dalam rumah, bahkan ketika disentuh oleh anak-anak.

Selain memandikannya, sebisa mungkin rajin-rajinlah untuk menyikat bulu hewan peliharaan. Jika perlu lakukan hal ini di luar rumah agar bulu-bulu yang rontok tidak mengotori rumah.

2. Gunakan alat pembersih tambahan

Sama seperti membersihkan rumah pada umumnya, peralatan seperti sapu, sikat, dan pel biasanya sudah cukup untuk membersihkan rumah yang memiliki hewan peliharaan. Namun untuk membuat pekerjaan kamu lebih mudah, kamu bisa juga menggunakan peralatan tambahan.

Bulu hewan yang rontok adalah salah satu kotoran yang cukup sulit dibersihkan dengan alat biasa, terutama jika bulu menempel pada karpet dan bahan kain lainnya. Untuk mempercepat proses pembersihan, kita bisa memakai pembersih khusus bulu yang akan mengangkat bulu rontok dengan cepat. Selain itu vaccuum cleaner juga bisa digunakan untuk membersihkan rumah dari bulu-bulu halus yang sulit dijangkau.

3. Beri tempat khusus di rumah

Hewan peliharaan biasanya memiliki satu spot khusus di dalam rumah yang sering mereka tempati. Jika tidak mengganggu, letakan bantal atau handuk khusus di titik tersebut agar mereka lebih nyaman berada di sana.

Hal ini bisa membatasi ruang gerak hewan peliharaan yang akan lebih banyak beraktifitas di tempat tersebut. Dengan begitu kamu akan lebih mudah membersihkan rumah dari kotoran dan bulu hewan peliharaan.

4. Bersihkan rumah dari bau tak sedap

Adanya hewan di dalam rumah seringkali membuat rumah dipenuhi bau tidak sedap. Tidak hanya berasal dari toilet hewan, bau tak sedap ini juga bisa menempel pada furniture yang dilengkapi busa dan bahan seperti kursi atau sofa.

Salah satu cara untuk menghilangkan bau pada furniture rumah semacam ini adalah dengan memakai baking soda. Tidak hanya itu, bahan pembuat kue ini juga bisa kamu taburi di sekitar toilet hewan untuk mengurangi baunya.

5. Bersihkan kandang dan tempat makannya juga

Kandang hewan adalah area pertama yang harus menjadi perhatian kamu sebelum membersihkan area lain di dalam rumah. Setelah itu, jangan lupa juga untuk membersihkan tempat makan hewannya juga.

Tempat makan sendiri seringkali lupput dari perhatian kita, padahal sama seperti kita, tempat makan mereka juga harus rajin dibersihkan lho! Cuci piring makan hewan dengan cairan pembersih dan sapu sisa makanan di sekitarnya agar tidak menarik perhatian serangga.

6. Bersihkan hewan setelah dari luar rumah

Ayo, siapa yang suka jalan-jalan dengan hewan peliharaanmu?

Memiliki jadwal tertentu untuk menghabiskan waktu untuk membawa binatang peliharaanmu keluar adalah hal yang baik dan sehat. Asal jangan lupa untuk membersihkan telapak kakinya saat pulang yah!

Berbeda dengan kita yang menggunakan alas kaki, hewan peliharaan akan melakukan kontak langsung dengan tanah atau jalanan. Kotoran dan debu jalanan sangat mungkin menempel dan akan membuat rumah menjadi kotor jika kita tidak membersihkannya. Tidak hanya itu, telapak kaki yang kotor juga bisa membawa kuman penyakit, jadi jangan lupa untuk menyediakan lap atau handuk khusus untuk membersihkan kakinya sepulang jalan-jalan yah!

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas